Materi Pembelajaran BIOLOGI SMA

  • 1. MATERI PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA Standar Kompetensi :Memahami struktur dan fungsi sel sebagai unitterkecil kehidupan.Kompetensi Dasar :Mengidentifikasi organela sel tumbuhan danhewan
  • 2.  Selmerupakan unit terkecil penyusun makhluk hidup. Selmempunyai ukuran dan bentuk yang bervariasi. Umumnya ukuran sel adalah mikroskopis.
  • 3. Secara struktural maupun fungsional sel terdiri atas : Membran plasma,sitoplasma,nukleus dan organel-organel lain1. Membran Plasma merupakan suatu selaput yang membungkus suatu massa protoplasma. Sedangkan protoplasma yang mengelilingi nukleus disebut sitoplasma2. Organela-organela sel  Retikulum Endoplasma (RE) - struktur : RE kasar dan RE halus - fungsi :membuat membran dan protein  Ribosom - mengandung RNA - fungsi : tempat sintesis protein
  • 4. . Mitokondria - berbentuk lonjong dengan dua lapis membran, di mana membran dalam membentuk lipatan - Fungsi : penghasil energi karena terlibat dalam proses respirasi sel.. Badan Golgi - fungsi : ekskresi sel, pembentukan dinding sel, dan pembentukan lisosom.
  • 5. . Nukleus - Membran inti (karioteka), sebagai pembungkus sekaligus pelindung inti. - Nukleoplasma, merupakan cairan inti berbentuk sel, kaya substansi kimia seperti ion-ion, protein, enzim, nukleotida, dan benang-benang kromatin. - Butiran Kromatin, yang bertindak sebagai organisator inti dan banyak mengandung salinan gen-gen yang memberikan kode RNA ribosom.. Lisosom -Lisosom berbentuk bulat dan berisi enzim hidrolitik atau lisozim. - Fungsi : sebagai organ pencerna intraseluler.
  • 6. . Sentrosom - Fungsi memegang peranan penting dalam pembelahan sel.h. Plastida - Plastida mensintesis lemak, protein dan pati. - Macamnya : Kloroplas, kromoplas,leukoplas.i. Mikrotubulus - terdiri dari protein. - Fungsi, untuk mempertahankan bentuk sel hewan dan mengarahkan gerakan komponen- komponen sel, selain itu juga membantu dalam pembelahan sel mitosis.
  • 7. . vakuola - Vakuola berisi air yaitu getah sel yang mengandung makanan, sekresi sel, dan zat- zatbuangan. - Lebih sering di temukan di sel tumbuank. Dinding sel - struktur tebal yang terletak di bagian terluas darisel. Hanya dijumpai pada sel tumbuhan. - fungsi : pelindung berbagai komponen di dalam sel sekaligus sebagai pemberi bentuk sel.
  • 8. PERBEDAAN STRUKTUR SEL HEWAN DANTUMBUHAN Pembeda Sel tumbuhan Sel Hewan Dinding sel Ada, kuat dan Tidak ada, membran mengalami plasma tipis dan penebalan lentur. LIsosom Tidak Ada Ada Sentrosom Tidak ada (kecuali Ada pada tumbuhan tk rendah Plastida Ada Tidak ada Mikrotubulus Tidak ada Ada vakuola Ada (besar) Tidak Ada 

SUMBER :
http://www.slideshare.net/indahayupradini/materi-pembelajaran-biologi-sma
Share on Google Plus

About Bhaswara Ananta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar