Tanda Bahwa Kamu Memiliki Kecerdasan Emosional

Kecerdasan emosi adalah kualitas yang signifikan pada orang yang sukses. Kecerdasan emosi membantu seseorang dalam membangun hubungan interpersonal dan sosial. Ketika diperiksa ditemukan bahwa orang yang berprestasi tinggi cenderung memiliki kecerdasan emosional yang tinggi pula. Masih banyak orang yang kurang menyadari bahwa kecerdasan emosi ini sangat penting untuk menunjang karier seseorang dan mendorong seseorang untuk lebih sukses. Berikut ini adalah tanda-tanda bahwa kamu memiliki kecerdasan emosi yang dapat membawamu menuju kesuksesan.

1. Kamu dapat memberikan sesuatu kepada orang lain tanpa mengharapkan apapun (ikhlas)

Memberikan sesuatu kepada orang lain dengan ikhlas adalah tanda kecerdasan emosional (www.hercampus.com)
Orang-orang yang memiliki kecerdasan emosional biasanya dapat memberikan sesuatu kepada orang lain tanpa modus apapun. Hal-hal yang dapat diberikan tidak hanya soal barang, tetapi juga tenaga, waktu, dan pikiran. Ketika kamu mampu memberikan sesuatu kepada orang lain tanpa mengharapkan apapun dari orang tersebut, berarti kamu memiliki kecerdasan emosional.

2. Kamu tidak menyimpan dendam

Orang yang cerdas secara emosi lebih memilih untuk damai daripada menyimpan dendam (www.cliniquelaval.com)
Keinginan untuk membalas dendam terhadap seseorang yang telah menyakiti hanya akan memberikan dampak negatif pada kondisi emosional seseorang. Orang-orang dengan kecerdasan emosi yang tinggi memahami hal ini dan mereka menghindari balas dendam. Alih-alih menyimpan dendam, lebih baik melakukan sesuatu yang lebih bermanfaat.

3. Kamu bisa bersyukur atas apa yang kamu miliki

Mensyukuri apa yang kamu miliki adalah salah satu tanda bahwa kamu cerdas secara emosional (i.huffpost.com)
Dengan bersyukur, kamu bisa meningkatkan mood kamu dan membuatmu menjadi pribadi yang lebih positif dalam meraih tujuan dan mengambil tantangan baru. Orang-orang yang bersyukur selalu menghargai apapun yang mereka miliki dan mereka menikmatinya. Orang yang memiliki kecerdasan emosional akan menggunakan apapun yang mereka miliki agar bisa menjadi manusia yang lebih bermanfaat.

4. Kamu tidak terlalu serius dalam menanggapi sesuatu

Orang dengan kecerdasan emosi bisa membedakan mana yang bercanda dan mana yang serius (u02.ru)
Orang dengan kecerdasan emosi yang tinggi, tahu kapan harus serius dan tahu kapan harus take it easy. Orang-orang dengan kecerdasan emosi yang tinggi paham bahwa dirinya memiliki keterbatasan dan memahami keterbatasan orang lain. Mereka tidak terlalu perfeksionis dan tidak mengharapkan orang lain untuk menjadi sempurna. Daripada menyalahkan orang lain, mereka lebih memilih untuk membantu sebisa mereka.

5. Kamu memiliki rasa ingin tahu yang tinggi

Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi (edcompassblog.smarttech.com)
Kalau kamu selalu mencari jawaban dari pertanyaan tersembunyimu dan selalu haus akan pengetahuan, berarti kamu adalah orang yang cerdas! Selain itu, kamu menyadari bahwa kamu belum cukup pintar dalam segala hal dan segala sesuatu di sekitar kamu bisa dikembangkan. Itulah mengapa orang-orang dengan kecerdasan emosional adalah orang yang bersemangat untuk mencari tahu hal-hal baru di sekitarnya.

6. Kamu bisa beradaptasi

Kamu bisa beradaptasi dengan baik (www.longliveyourmoney.com)
Kamu menyadari bahwa kamu bukanlah korban dari perubahan, tetapi kamu adalah bagian dari perubahan itu. Daripada menganggap diri sendiri sebagai korban, kamu lebih memilih untuk beradaptasi dengan perubahan itu. Kamu sadar bahwa perubahan adalah sesuatu hal yang pasti di dunia ini.

7. Kamu adalah orang yang mengenal dirimu sendiri

Mengenali dirimu sendiri (www.careerealism.com)
Orang-orang yang memiliki kecerdasan emosional biasanya mengetahui letak kelebihan dan kekurangan mereka. Mereka tahu lingkungan atau situasi apa yang dapat meningkatkan keberhasilan mereka. Dengan memiliki pengetahuan tersebut, orang dapat mengambil keuntungan penuh untuk hal-hal yang akan meningkatkan keberhasilan mereka.

8. Kamu adalah orang yang bisa membedakan mana yang penting dan mana yang tidak

Bisa mengetahui mana yang layak untuk diprioritaskan dan tidak (fitmarkbags.com)
Orang-orang dengan tingkat kecerdasan emosional yang tinggi dapat membedakan mana yang penting dan mana yang kurang penting. Mereka dapat membuat prioritas diri mereka dan akan berkomitmen pada hal tersebut. Mereka dapat mengatakan “tidak” untuk hal-hal yang kurang penting untuk dikerjakan.
Itulah cirri-ciri orang yang memiliki kecerdasan emosional. Kamukah salah satunya?




Share on Google Plus

About Bhaswara Ananta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar